Header Ads


Benarkah Wanna Cry dari Korea Utara ?

Periset dari Google menemukan kode yang identik dalam ransomware Wanna Cry yang telah menginfeksi ratusan ribu mesin di 150 negara dengan kelompok hacking negara Korea Utara.


kami kutip dari thehill.com dikabarkan ratusan ribu komputer di 150 negara berkisar dari rumah sakit Inggris hingga ke Kementerian Dalam Negeri Rusia, ke Telecom Spanyol. Peneliti keamanan Google Neel Mehta tampaknya adalah orang pertama yang menyadari bahwa petak besar kode komputer dalam versi awal Wanna Cry identik dengan kode yang digunakan oleh Lazarus Group, sebuah tim hacker yang terkait dengan pemerintah Korea Utara.

Mehta tweeted tengah hari Senin seorang peneliti peta jalan bisa digunakan untuk menemukan kode yang tumpang tindih. Tumpang tindih telah mempengaruhi peneliti lain. Lab Kaspersky mencatat bahwa kode yang cocok telah dihapus dari versi ransomware yang lebih baru, yang menurut mereka tidak mungkin terjadi jika memang dimaksudkan untuk menyingkirkan peneliti dari bau penjahat sebenarnya.

Tumpang tindih hanya muncul dalam sampel dari bulan Februari. "Kami yakin sebuah teori memiliki bendera palsu meski mungkin, tidak mungkin," Lab Kaspersky menjelaskan dalam sebuah posting blog. Lazarus Group terkenal karena hacking Sony Pictures pada tahun 2014 untuk memprotes film "The Wawancara."

Namun baru-baru ini telah dikaitkan dengan serangkaian perampokan bank digital yang, dalam satu kasus, mencuri $ 81 juta dari bank sentral Bangladesh. Perampokan itu, banyak tersangka, memberikan arus pendapatan sementara negara tersebut menghadapi sanksi yang melumpuhkan.

Lab Kaspersky menjelaskan kode yang tumpang tindih sebagai bukti yang signifikan namun tidak dipastikan akan menyelesaikan kasus ini. "Untuk saat ini, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai versi Wannacry yang lebih tua.

Kami percaya ini mungkin memegang kunci untuk memecahkan beberapa misteri seputar serangan ini. Satu hal yang pasti - penemuan Neel Mehta adalah petunjuk paling penting untuk berkencan mengenai asal-usulnya. Dari [Wanna Cry], "tulis perusahaan itu.